Tips Mengontrol Gula Darah

Beberapa Tips Mengontrol Gula Darah - Kadar gula darah dapat diukur dengan menggunakan alat pengukur glukosa darah. Diabetes mellitus merupakan penyebab umum dari gula darah tinggi. Gejalanya termasuk mulut kering, haus, sering buang air kecil, dan kelelahan. Diabetes merupakan salah satu penyakit yang dijuluki silent killer yang membunuh/menyerang secara diam-diam.

Tips Mengontrol Gula Darah

Berikut ini beberapa Tips Mengontrol Gula Darah.

1. Tertawa
Ilmuwan Jepang menunjukkan tertawa bisa menjadi obat yang murah dalam mengontrol gula darah di level yang baik. Penderita diabetes yang menonton film bergenre komedi sesudah makan malam mengalami gula darah yang lebih rendah.

2. Konsumsi Susu
Studi yang melibatkan 3000 orang mengungkapkan jika orang kelebihan berat badan yang meminum susu / produk susu lainnya, 70% lebih kecil untuk kemungkinannya mengembangkan resistensi insulin jika dibandingkan yang tidak mengonsumsinya.

3. Penuhilah Kebutuhan Magnesium
Studi yang melibatkan wanita melihat asupan tinggi magnesium bisa mengurangi diabetes sebesar 10% secara keseluruhan dan ada sekitar 20% pada wanita kelebihan berat badan. Anda dapat memenuhi kebutuhan magnesium dengan makan alpukat, bayam, sayuran hijau, kacang-kacangan dan ikan.

4. Mengkonsumsi Kayu Manis
Penelitian di Pakistan, orang diabetes tipe 2 yang mengkonsumsi 1 g/ 3 g/ 6 g kayu manis mengalami penurunan gula darah antara 18-29% tergantung dari kayu manis yang mereka konsumsi. Tentunya bukanlah hal yang sukar mencari kayu manis.

5. Cukup Tidur
Penelitian telah menemukan jika kurang tidur mempunyai efek yang serius terhadap gula darah dan insulin di tubuh anda. Maka penuhi kebutuhan tidur yang cukup sekitar 6-8 jam.

6. Pangkas Lemak Jenuh
Studi di Amerika yang mengambil sampel 3000 orang menunjukkan jika anda mempunyai kesempatan yang lebih tinggi terkena diabetes jika anda mempunyai tingkat lemak jenuh atau gula darah dalam tubuh anda. Oleh sebabnya, kurangi makanan-makanan yang tinggi lemak jenuh.

7. Jalan Kaki
Studi skala besar di Amerika menunjukkan berjalan 2 km dalam sehari akan mengurangi risiko kematian akibat penyakit diabetes. Penelitian tersebut juga melihat bahwa berjalan 10 km dalam seminggu juga mengurangi resiko kematian karena penyakit jantung sebesar 34% di penderita diabetes.

8. Konsumsi Grapefruit
Grapefruit termasuk di golongan buah jeruk. Buah ini mirip jeruk Bali, tapi grapefruit memiliki daging berwarna merah keunguan dan kulit yang berwarna oranye. Kembali ke gula darah, peneliti Amerika melakukan penelitian kepada 50 pasien obesitas untuk mengonsumsi setengah buah grapefruit sesudah makan selama 12 minggu dan membandingkan dengan kelompok yang tidak memakannya. Pasien yang makan grapefruit mengalami penurunan berat badan sekitar 1,6 kg. Mereka juga memiliki level insulin dan glukosa yang lebih rendah sesudah makan.

9. Konsumsi Legume
Contoh legume atau kacang-kacangan yang terkenal adalah kacang tanah, kacang lentil, buncis, kacang hijau, kacang merah, kacang polong, kacang kedelai, dan yang lainnya. Penelitian melihat bahwa makan 75g kacang-kacangan dalam sehari dapat menstabilkan gula darah dan insulin.

10. Rilekskan otot tubuh
Penelitian melihat bahwa sesudah meregangkan otot tubuh selama 10 menit setiap harinya, kemudian merilekskannya, dapat memperbaiki  gula darah terutama untuk orang yang gula darahnya tinggi

Demikianlah beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengontrol gula darah, semoga bermanfaat
IBX58384638A44F2