9 Manfaat Buah Kersen

Manfaat Buah Kersen - Sebagian orang mungkin tidak asing lagi dengan buah kerse. Masyarakat lain menyebutnya dengan nama buah keres, seri, ceri dan banyak lagi. Buah ini memilik bentuk bulat kecil dan jika matang berwarna merah. Kersen juga buah yang mempunyai rasa yang manis saat matang. Walaupun dianggap tanaman dan buah liar, ternyata kersen mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh. Menurut situs yang ada di internet, di dalam buah kersen ada kandungan nutrisi berupa air, serat, vitamin A, vitamin C, batakaroten, riboflavin, niacin, tianin, kalsium, fosfor, karbohidrat, protein, abu, zat besi dan flavonoid.

Berkat kandungan nutrisi tersebut, membuat buah kersen memliki banyak manfaat yang tidak kalah dengan jenis buah-buahan lainnya. Inilah beberapa manfaat buah kersen untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Kersen

• Menjaga Kesehatan Jantung
Di buah kersen ada sumber nutrisi yang berperan melindungi miokardium yang berakibat penurunan signifikan dalam pembatasan kebocoran enzim. Atau dengan kata lain, kandungan di buah kersen memiliki kemampuan mencegah terjadinya kebocoran enzim sehingga berguna melindungi organ jantung.

• Mengobati Asam Urat
Buah kersen memiliki kandungan senyawa dan zat-zat aktif yang bisa digunakan mengobati penyakit asam urat jika dikonsumsi dengan teratur.

• Meringankan Kram Perut
Sifat antiseptik dan antiinflamasi yang dimiliki buah ini bisa digunakan untuk meringankan dan mengobati kram di perut.

• Mencegah Penyakit Kanker
Berkat sifat anti kanker yang dimiliki buah kersen sudah bisa dipastikan bahwa buah ini juga memiliki kemampuan mencegah dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

• Mengatasi dan Mencegah Anemia
Di buah kersen terdapat zat besi yang cukup tinggi. Kandungan zat besi tersebut bisa digunakan mengatasi dan mencegah penyakit anemia. Kandungan zat besi tersebut memiliki kemampuan membantu proses produksi sel-sel darah merah di tubuh.

• Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Kandungan antioksidan yang terdiri atas vitamin C dan flavonoid mempunyai kemampuan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh bisa terhindar dari gangguan penyakit karena infeksi kuman, virus ataupun bakteri.

• Menyehatkan Organ Pencernaan
Buah kersen memiliki kandungan serat pangan yang banyak. Kandungan serat pangan berguna untuk menyehatkan organ-organ pencernaan, sehingga tubuh bisa terhindar dari gangguan pencernaan.
• Meredakan Nyeri Rematik

Berkat adanya sifat anti-peradangan yang dimiliki buah kersen bisa digunakan untuk meredakan nyeri rematik dan juga rasa nyeri di bagian tubuh lainnya, contoh nyeri otot, nyeri di bagian persendian sampai nyeri haid.

• Mencegah Dehidrasi
Buah kersen memiliki kadar air yang cukup tinggi, sehingga ketika dikonsumsi bisa mencegah terjadinya dehidrasi. Dehidrasi adalah sebutan yang digunakan untuk tubuh yang kekurangan cairan.

Banyak mitos yang menyelimuti buah kersen, contohnya adalah mitos yang mengatakan jika terlalu sering mengkonsumsi buah kersen bisa menyebabkan terjadinya penyakit usus buntu karena terdapat kandungan biji yang cukup banyak. Mitos tersebut tidak benar, meskipun mengkonsumsi buah kersen dengan berlebihan tidak baik untuk kesehatan tubuh namun tidak akan menyebabkan penyakit usus buntu. Jangan Lupa untuk membaca 10 Manfaat Toge Bagi Kesehatan Kita