Beberapa cara meningkatkan energi secara alami

Dr Jacob Teitelbaum, penulis Fatigued to Fantastic, ada cara alami dan mudah yang menyehatkan tubuh anda dan membantu menghasilkan energi, diantaranya adalah :

cara meningkatkan energi secara alami

1. Konsumsilah makanan tinggi protein
Untuk mendapatkan energi yang dapat bertahan lama, Teitelbaum menyarankan makanan berprotein. Anda dapat makan telur dadar ketika sarapan dan makan yogurt Yunani ketika sore hari. “Protein memberi pasokan energi yang tetap dan dapat membuat tubuh berenergi berjam - jam,” kata Teitelbaum.

2. Minum kopi / teh
Kafein sering mendapatkan predikat yang buruk karena bisa mengakibatkan kegelisahan, insomnia dan  jantung. Namun, jika anda mengonsumsinya tidak berlebihan, kafein adalah cara yang baik dalam meningkatkan energi jika itu berasal dari sumber yang sehat. Dari pada mendapatkan asupan kafein dari minuman bersoda, lebih baik jika anda mengonsumsi teh / kopi.

3. Minumlah air putih
Hampir setiap sistem didalam tubuh butuh air supaya berfungsi dengan baik, sehingga jika tubuh tidak tercukupi oleh air, akan mengganggu sistem tersebut. “Minum segelas air putih cukup memberikan energi  dalam beberapa menit,” kata Teitelbaum.

4. Mendapat sinar matahari
Jika anda mau mendapatkan energi dipagi hari, maka ‘berjemur’ sebentar di luar rumah sebelum beraktivitas menjadi cara yang baik. “Sinar matahari memberi energi dengan mendorong tubuh anda  membuat vitamin D,” kata Teitelbaum.

5. Makan cokelat
Makan cokelat kecil bisa memberikan energi yang cepat dan juga alami, kata Teitelbaum. Coklat memiliki kafein dan theobromine yang bagus. “Orang belum tahu jika coklat adalah makanan yang sehat dan Coklat penuh fenol dan antioksidan yang menjaga supaya jantung dan otak tetap sehat,” kata Teitelbaum.

6. Makan makanan yang bermagnesium
“Magnesium penting terhadap lebih dari reaksi 300 energi yang ada didalam tubuh,” kata Teitelbaum. “Tapi banyak orang yang kekurangan magnesium, yang mana dapat menyebabkan kelelahan, nyeri otot, atau kecemasan.” Coba untuk mengkonsumsi makanan bermagnesium contohnya almond, sayuran berdaun hijau dan makanan yang lainnya.

7. Istirahatkan mental
Penelitian menunjukkan meluangkan waktu dapat memberikan otak dan tubuh beristirahat, apalagi selama hari kerja, dapat meningkatkan energi dan membuat anda lebih produktif. Yang anda hanya butuhkan adalah 10 sampai 20 menit, kata Teitelbaum. Entah itu meditasi, doa, mendengarkan musik, atau menenangkan diri adalah contoh pilihan yang dapat anda coba. Hal itu bisa dilakukan di pagi hari sebelum anda mulai bekerja atau beraktivitas.

8. Minum vitamin
“Gizi buruk adalah salah satu hal terbesar dalam menjaga tubuh kita untuk bisa membuat energi yang dibutuhkan,” kata Teitelbaum. Kendati sudah berusaha mengkonsumsi makanan agar mendapatkan semua vitamin, mineral dan nutrisi yang lainnya, kenyataannya kita memilih makanan yang salah tanpa mendapatkan nilai gizi yang cukup. Untuk bisa membantu tubuh Anda memproduksi energi, Teitelbaum mempunyai saran agar melengkapinya dengan mengonsumsi vitamin.

Itulah beberapa cara meningkatkan energi tubuh kita, daripada kita mengkonsumsi minuman berenergi yang efek jangka panjangnya tidak baik bagi tubuh, lebih baik pilih yang alami.