Buah-buahan Sehat Yang Harus Dikonsumsi Ibu Hamil Muda

KehamilanBerbagai Buah yang Baik untuk Ibu Hamil - Pada masa kehamilan merupakan waktu yang tepat untuk memberikan nutrisi dan gizi yg baik pada janin. Selain mengonsumsi sayuran, para ibu hamil juga disarankan untuk lebih sering mengonsumsi berbagai macam buah yg baik untuk ibu hamil. Pasalnya seorang ibu hamil tentunya membutuhkan nutrisi yang cukup untuk bisa membuat tubuhnya tetap sehat dan menjaga kondisi janin yang ada di dalam kandungannya.

Buah sehat untuk ibu hamil

Sewaktu hamil biasanya banyak yang menanyakan makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi, termasuk apa saja buah yang baik untuk ibu hamil. Buah merupakan makanan yang banyak mengandung vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan bagi kesehatan ibu dan perkembangan janin. Wakti hamil adalah saat-saat dimana ibu sangat membutuhkan tambahan suplemen agar senantiasa mempunyai tubuh yang sehat, bugar, terhindar dari penyakit, dan turut memperkuat ibu dalam mempersiapkan proses persalinan yang lancar. Sementara itu bagi janin juga sangat diperlukan tambahan nutrisi yang menunjang pertumbuhan dan perkembangannya secara utuh baik pada poses pembentukan di dalam rahim maupun dampaknya ketika sudah dilahirkan.

Berbagai Jenis Buah yang baik Untuk Ibu Hamil

Jenis buah-buahan yang baik untuk ibu hamil dan aman untuk dikonsumsi adalah sebagai berikut:

1. Kurma

Kurma merupakan buah yang baik untuk ibu hamil sebab buah ini kaya akan kalori. Walaupun buah ini bukan tanaman asli Indonesia, namun mudah ditemukan di pasar swalayan maupun pasar tradisional dengan harga yang terjangkau. Rasanya yang manis menunjukkan bahwa kurma mengandung gula alami cukup tinggi yaitu sekitar 70%. Selain itu kurma juga banyak mengandung asam folat, kalium, vitamin B, dan zat besi. Konsumsi kurma secara rutin dapat berkhasiat untuk meningkatkan stamina ibu hamil, mencegah kram selama hamil, menguatkan dinding rahim, dan memacu perkembangan otak bayi.

2. Apel

Buah apel baik apel merah maupun hijau sangat baik dikonsumsi untuk ibu hamil. Buah ini mengandung banyak nutrisi penting, antara lain vitamin B, vitamin C, vitamin K, kalsium, fosfor, kalium, omega 3, dan zat antioksidan. Mengkonsumsi buah apel dapat memberikan manfaat menjaga kestabilan berat badan ibu hamil, mempercantik kulit, dan meningkatkan kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit.

3. Buah Naga

Buah yang baik untuk ibu hamil berikutnya yaitu buah naga. Buah ini sudah sangat dikenal mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk untuk ibu hamil. Buah naga mengandung zat penting untuk ibu hamil, seperti karbohidrat, protein, vitamin C, vitamin, B1, B2, B3, B12, serat, kalsium, fosfor, zat besi, dan antioksidan. Konsumsi buah naga dapat berkhasiat untuk memperkuat janin, meningkatkan ketahanan tubuh, melancarkan metabolisme, mengontrol tekanan darah dan gula darah.

4. Stroberi

Konsumsi buah stoberi selama kehamilan dapat bermanfaat untuk menjaga berat badan ibu hamil tetap stabil, menyegarkan kulit, mencegah bayi lahir prematur, dan mencegah kecacatan pada janin. Stroberi kaya akan nutrisi, seperti vitamin A, vitamin B5, B6, vitamin C, vitamin K, omega 3, dan magnesium.

5. Jambu Air

Jambu air juga merupakan buah yang baik untuk ibu hamil karena mengandung berbagai nutrisi yang penting untuk kesehatan ibu dan janin, seperti karbohidrat, kalsium, pospor, kalium, vitamin A, vitamin C, dan zat besi. Konsumsi jambu air sangat bermanfaat untuk meningkatkan kinerja sel darah putih untuk memerangi berbagai kuman penyakit. Jambu yang mengandung banyak air ini juga bermanfaat untuk menjaga kesegaran dan kebugaran tubuh ibu hamil.

6. Buah kersen

Buah kersen sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Bahkan Anda dapat langsung memetik di alam tanpa harus membelinya. Buah kersen ternyata juga mempunyai manfaat untuk ibu hamil, seperti sebagai anti peradangan, melancarkan pencernaan, mengobati hipertensi, mengontrol gula darah, dan menenangkan syaraf atau mencegah stres. Kandungan nutrisi dalam buah kersen antara lain vitamin C, E, K, zat besi, kalium, tembaga, mangan, dan sebagainya.

7. Kelapa Muda

Kelapa muda baik untuk ibu hamil karena kandungan airnya yang mengandung elektrolit yang sangat baik untuk mencegah dehidrasi, meningkatkan stamina, sekaligus dapat berfungsi sebagai penawar racun. Buah kelapa juga mengandung kolesterol bik (HDL) yang berfungsi untuk memperlancar metabolisme protein dan mencegah kecacatan janin atau bayi lahir prematur.

8. Alpukat

Alpukat mengandung berbagai zat penting antara lain asam folat, kalsium, zat besi, kalium, fosfor, vitamin A, B, dan vitamin C. Konsumsi alpukat pada masa kehamilan sangat bermanfaat untuk meningkatkan perkembangan otak bayi, memperkuat tulang bayi, sumber energi ibu hamil, serta dapat mencegah mual dan muntah saat hamil.
Buah Yang Harus Dihindari Selama Kehamilan

Buah Yang Harus Dihindari Selama Kehamilan

Selain buah yang baik untuk ibu hamil yang telah dijelaskan di atas, ada beberapa buah yang harus dihindari selama kehamilan, yaitu sebagai berikut:

* Nanas

Nanas mengandung zat yang bernama bromelain yang dapat menyebabkan leher rahim menjadi lunak sehingga berpotensi menimbulkan bayi lahir prematur. Sebaiknya Anda menghindari buah ini selama kehamilan, terlebih lagi pada kehamilan awal (trimester I) karena akan berisiko memicu terjadinya keguguran.

* Durian

Selama kehamilan, sebaiknya Anda juga menghindari konsumsi buah durian. Sebab kandungan alkohol di dalamnya tidak baik bagi kesehatan ibu dan janin. Kandungan alkohol ini dapat memicu tingginya kolesterol darah, menaikkan tekanan darah ibu hamil, serta mengganggu perkembangan janin. Durian juga mengandung zat asam arachidonat yang merangsang pembentukan prostaglandin, di mana senyawa ini dapat merangsang kontraksi rahim. Sehingga pada kondisi ini dapat memicu terjadinya keguguran atau pun bayi lahir prematur.

* Pepaya muda

Pepaya yang tidak diperbolehkan dikonsumsi di sini adalah pepaya muda atau yang masih mentah. Sebab pepaya yang masih mentah mengandung banyak lateks atau getah yang mempunyai efek merangsang kontraksi rahim sehingga dapat menyebabkan keguguran. Sedangkan pada pepaya yang sudah masak dan kulitnya telah dibuang serta dicuci dengan baik, maka buah pepaya boleh dimakan dan justru bermanfaat bagi ibu hamil terutama untuk memperlancar pencernaan.

Itulah beberapa buah-buahan sehat wajib dikonsumsi ibu hamil yg wajib anda ketahui , untuk meningkatkan kadar serat serta membantu pertumbuhan janin yang sehat di dalam kandungan. Di samping mengkonsumsi buah, sebaiknya ibu hamil juga mengkonsumsi banyak sayuran untuk melengkapi nutrisinya yang sangat baik untuk kesehatan ibu dan janin. Jenis sayuran yang baik untuk ibu hamil antara lain kangkung, brokoli, bayam, daun katuk, daun singkong, kedelai edamame, dan labu siam. Imbangi juga dengan pola hidup sehat untuk ibu hamil yaitu olahraga teratur (berupa senam hamil atau berjalan kaki), mengurangi konsumsi makanan berlemak, makan makanan dan minuman yang benar-benar telah dimasak sempurna, mengurangi konsumsi garam, istirahat cukup, dan jangan lupa untuk selalu memeriksakan kehamilan Anda ke bidan atau dokter kandungan secara berkala.

Semoga uraian singkat artikel tentang buah sehat bagi ibu hamil, dapat memberikan manfaat bagi anda semua, terima kasih telah berkunjung di website kami,....tetap jaga dan rawatkesehatan anda, karena itu mahal.