Penyebab Sakit Tenggorokan

Penyebab Tenggorokan Sakit - Sakit tenggorokan sering kali terjadi pada kita semua, apalagi untuk penggemar gorengan dan makanan berminyak. Sakit tenggorokan merupakan penyakit umum bagi masyarakat dan sering kali dianggap tidak berbahaya.

Memang benar, sakit tenggorokan itu tidak berbahaya namun sebenarnya sakit menggorokan sangat mengganggu aktivitas kita. Terutama bagi orang-orang yang bekerja menggunakan suara mereka, tentunya hal ini akan sangat merugikan.

Penyebab Sakit Tenggorokan

Penyebab sakit tenggorokan bisa bermacam-macam, pola hidup dan pola makan tidak sehat hanyalah merupakan contoh kecil yang paling sering terjadi. Sakit tenggorokan juga bisa disebabkan oleh virus maupun bakteri.

Mungkin kasus seperti itu masih jarang terdengar, namun jarang terdengar bukan berarti tidak terjadi. Sakit tenggorokan atau pharyngtis ini tidak boleh diremehkan. Untuk lebih jelas mengenai penyebab sakit tenggorokan, simaklahah yang berikut ini.

1. Virus
Ada beberapa jenis virus yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan, misalnya mononucleosis yang biasanya menyebabkan timbulnya flu pada penderitanya. Oleh sebab itu, sering kali kita terkena sakit flu berbarengan dengan sakit tenggorokan. Akan muncul rasa sakit dan pedih pada saat anda minum atau menelan sesuatu.

Di samping itu, masih banyak virus lain yang menyebabkan sakit tenggorokan. Virus tersebut adalah berbagai virus yang aktivitasnya mampu menghasilkan blister berupa gelembung-gelembung di dalam mulut atau tenggorokan yang dikenal dengan nama Apthous stomatitis.

2. Bakteri
Di samping virus, ternyata bakteri juga dapat merupakan penyebab sakit tenggorokan yang perlu diwaspadai. Ada dua jenis bakteri yang menjadi penyebab sakit tenggorokan, diantaranya adalah bakteri streptococcus, yang pada umumnya menyebabkan strep throat.

Bakteri lainnya adalah bakteri arcanobacterium haemolyticum yang pada umumnya dapat menimbulkan luka-luka pada tenggorokan. Luka-luka ini biasanya menyerang orang-orang dengan usia dewasa muda dan terkadang berhubungan dengan adanya ruam merah yang halus.

3. Luka
Salah satu penyebab sakit tenggorokan adalah munculnya luka. Luka tersebut biasanya diakibatkan oleh pernafasan yang dilakukan oleh mulut yang berlebih, sehingga terjadi keekringan pada bagian tenggorokan.

Kekeringan tersebut kemudian akan menjadi luka. Pernafasan berlebihan yang dimaksud adalah pernafasan pada saat berbicara tak henti-hentinya atau bernyanyi dalam waktu yang lama dan berteriak-teriak.

Jadi, sebaiknya anda gunakan hidung untuk bernafas, karena pernafasan melalui mulut itu tidak higienis. Pernafasan melalui mulut tidak disaring terlebih dahulu, sehingga banyak partikel asing yang masuk ke dalam tubuh. Jika anda menggunakan hidung, tentu udara yang masuk akan disaring oleh bulu hidung terlebih dahulu.

4. Sinus Drainage
Istilah sinus drainage mungkin masih terasa asing di telinga kita. Sinus drainage mungkin lebih dikenal dengan nama post nasal drip. Sinus drainage adalah suatu kondisi dimana pada bagian sinus terjadi kekeringan.

Sama halnya seperti timbul luka, bagian kekeringan ini kemudian akan berpotensi dapat menimbulkan luka. Luka tersebut kemudian dapat menjadi sakit tenggorokan. Oleh karena itu, sebaiknya anda perbanyak konsumsi air putih agar sinus anda tidak mengalami kekeringan.

5. Gejala lain
Pada beberapa kasus, sakit tenggorokan ini bisa berlangsung lebih lama dari pada biasanya. Jika sakit tenggorokan yang anda alami sudah lewat dari 2 minggu, ada kemungkinan bahwa anda telah terjangkit penyakit lain.

Penyakit lain disini adalah penyakit yang serius dan butuh penanganan secara cepat. Penyakit tersebut diantaranya adalah penyakit kanker di bagian tenggorokan atau penyakit AIDS. Wah, berbahaya sekali bukan ? Oleh karena itu, sebaiknya anda menghindari penyakit ini sebisa mungkin.

Meskipun sakit tenggorokan tampaknya tidak berbahaya, namun sakit tenggorokan ini bisa jadi hanya merupakan sebuah pemicu dari penyakit lain. Jauhi makanan yang menggunakan minyak yang telah dipakai berulang kali dan makanan cepat saji.

Selain itu, perlu anda ketahui bahwa makanan terlalu pedas juga dapat menyebabkan timbulnya rasa iritasi pada bagian tenggorokan dan berpotensi menjadi sakit tenggorokan. Sebaiknya anda ikuti pola makan dan gaya hidup yang sehat.

Pada umumnya, untuk merawat sakit tenggorokan akan digunakan antibiotic, kemoterapi atau pengobatan lainnya. Inilah uraian singkat mengenai penyebab sakit tenggorokan.