7 Hal yang Menyebabkan Daerah Selangkangan Sering Gatal

Tips Kesehatan dan Kecantikan , 7 Hal yang Menyebabkan Daerah Selangkangan Sering Gatal - Rasanya pasti sangat mengganggu jika masalah gatal muncul pada bagian selangkangan kita, selain membuat kita tidak nyaman rasa gatal ini juga akan membuat kita hilang rasa percaya diri. Suka serba salah jika rasa gatal itu muncul saat kita  sedang berada di kerumunan orang banyak, tangan kita pasti juga ikut gatal untuk cepat-cepat menggaruknya namun tentunya hal itu tak mungkin bisa untuk dilakukan karena memang kurang sopan jika kita harus menggaruknya didepan banyak orang. 

Lalu apa yang harus kita lakukan dengan rasa gatal ini? memang sangat penting bagi kita untuk mencari tahu apa sebenarnya yang membuat rasa gatal itu balik lagi dan kambuh lagi. Disini akan kami berikan informasinya, apa saja yang membuat rasa  gatal di selangakangan itu sering muncul dan mengganggu aktifitas kita.

7 Hal yang Menyebabkan Daerah Selangkangan Sering Gatal

7 Penyebab gatal diselangkangan.


1. Disebabkan oleh gesekan.

Rasa gatal pada daerah selangkangan juga bisa diakibatkan karena adanya gesekan. Jika kita melakukan kegiatan yang banyak menimbulkan gesekan didaerah selangkangan ini maka akan timbul masalah gatal. Gatal akibat banyaknya gesekan dapat memicu peradangan yang akan membuat kulit kemerahan, sampai kering dan bersisik. Untuk mengatasinya kita bisa memakai krim pelembab yang bisa membantu mengurangi peradangan tersebut dan bisa mengembalikan kondisi kulit seperti sedia kala. Hindari pemakaian celana terlalu ketat yang justru akan menimbulkan rasa gatal muncul pada selangkangan kita, pakailah celana yang nyaman dipakai dan pilihlah bahan yang ramah pada kulit.

2. Adanya infeksi jamur.

Infeksi jamur merupakan hal umum yang menyebakan rasa gatal pada daerah selangkangan, biasanya rasa gatal ini disertai dengan warna kemerahan. Jamur atau panu akan sangat mudah tumbuh dan berkembang pada daerah yang lembab dan tidak terkena paparan sinar atau cahaya. Maka dari itu daerah selangkangan sangat rentan ditumbuhi jamur karena tempatnya memang tersembunyi. Gejala lainnya juga bisa muncul akibat dari infeksi jamur ini antara lain kulit menjadi kering dan bersisik di bagian lipatan paha ataupun pada pangkal paha. Untuk menanggulangi serangan jamur diselangkangan, kita bisa mengoleskan krim anti jamur didaerah tersebut.

3. Adanya kutu.

Tidak hanya rambut dikulit kepala yang bisa di hinggapi oleh hewan kutu ini, akan tetapi pada rambut didaerah kemaluan juga bisa bersarang kutu-kutu yang bisa menyebabkan rasa gatal. Parasit ini akan berkembang di daerah rambut kemaluan dan berkeliaran menimbulkan rasa gatal sampai iritasi. Kita bisa melihat adanya kutu kemaluan dengan memperhatikan kemunculan bintik putih atau kekuningan di dekat akar rambut kemaluan,dan itulah telur dari kutu tersebut. Jika kita melihat dengan menggunakan bantuan kaca pembesar maka kutu tersebut akan terlihat dan bentuknya hampir sama seperti kepiting. Untuk mengatasi masalah kutu ini, cobalah untuk berkunjung ke dokter spesialis kulit dan biasanya akan diberi lotion atau sampo khusus untuk mematikan kutu tersebut.

4. Adanya dermatitis kontak.

Dermatitis kontak diakibatkan karena adanya alergi terhadap bahan-bahan iritan seperti sabun, deterjen, dan parfum. Pada umumnya dermatitis kontak terjadi pada kulit wajah dan tangan. akan tetapi hal ini juga bisa terjadi pada daerah selangkangan, ciri-ciri yang terjadi akibat dermatitis kontak ini adalah terjadi peradangan dikulit, munculnya ruam kemerahan, rasanya sangat gatal dan bisa mengakibatkan lecet, jika dermatitis ini sudah dalam tahap yang parah atau serius maka dapat mengakibatkan pecahnya kula dan pelepuhan yang akan mengeluarkan cairan bening dan kekuning-kuningan. Untuk mengurangi gejala yang ada bisa dengan menghindari polutan penyebab alergi.

5. Disebabkan adanya virus herpes.

Hal ini perlu untuk diwaspadai, karena rasa gatal yang ditimbulkan karena adanya virus herpes dapat menimbulkan rasa gatal yang teramat sangat dan timbul rasa panas seperti terbakar samapi terjadinya lecet, pelepuhan dan akhirnya menimbulkan luka yang perih. Virus herpes didapatkan dari hubungan seksual karena virus herpes ditularkan melalui hubungan intim dengan seseorang yang sudah positiv terkena herpes ini. Jika merasakan rasa gatal dengan ciri-ciri diatas maka lakukanlah pemeriksaan lebih lanjut untuk mendapatkan penanganan yang tepat dari dokter dan untuk pencegahan agar virus ini tidak menular pada pasangan.

6. Kutil kelamin.

Sama seperti masalah gatal yang diakibatkan karena adanya virus herpes, kutil kelamin juga suatu infeksi menular yang bisa terjadi karena hubungan seksual, akan tetapi kutil kelamin disebabkan oleh HPV atau human papilomavirus. Akibat adanya kutil kelamin tentu dapat mengakibatkan rasa gatal dan harus segera diperiksakan kedokter agar tidak menular pada pasangan kita nantinya. Kutil kelamin berbentuk benjolan dan tumbuh di area kemaluan dan kutil ini bisa diderita oleh siapa saja baik laki-laki ataupun perempuan.

7. Akibat intertrigo.

hal yang bisa menyebabkan rasa gatal pada daerah selangkangan diakibatkan karena intertrigo. intertrigo ini adalah kondisi ruam merah, gatal dan rasanya seperti terbakar, hal ini terjadi akibat adanya pertumbuhan bakteri serta jamur yang berkembang secara bersamaan dan membuat masalah pada daerah yang dihinggapi. Bakteri dan jamur akan mudah berkembang di area selangkangan yang lembab dan sering berkeringat. Pasien disarankan untuk melakukan pemeriksaan jika kondisi ini berlangsung selama satu sampai dua minggu. Untuk mrngatasi keringat dan kelembaban pada daerah ini, usahakan untuk rajin mengganti celana dalam dan mengeringkan daerah tersebut jika terasa basah dan lembab.

Penyebab rasa gatal diselangkangan sebenarnya bisa dicegah dengan berbagai kegiatan positiv seperti berhubungan hanya dengan pasangan kita dan tidak bergonta-ganti dengan siapapun, dan tanamkanlah hidup bersih agar bakteri, jamur, virus dan penyebab gatal diselangkangan tidak mudah tumbuh dan berkembang pada tubuh kita.
IBX58384638A44F2