Perkembangan Janin Trimester Kedua Minggu Ke-14 sampai dengan Minggu ke-21

Kehamilan memang merupakan masa yang bisa disebut menyenangkan atau menyusahkan pada si ibu. Pada secara keseluruhan sang ibu akan bahagia ketika melihat buah hatinya sudah lahir ke dunia. Memang sih ada beberapa keluhan seputar kehamilan trimester kedua, seperti halnya terjadinya nyeri pada pinggang, tekanan darah naik, dan lain sebagainya.

Keluhan-keluhan tersebut tentunya terjadi sebab janin yang ada di dalam perut si ibu mengalami pertumbuhan dan perkembangan sehingga mulai membesar. Nah saat trimester kedua ini merupakan masa-masa pertumbuhan dan perkembangan bayi yang cukup cepat. Emang apasaja sih yang terjadi pada janin saat itu?

● Ketika kehamilan memasuki masa minggu ke 14, pada umumnya panjang janin yaitu berkisar antara 8 sampai dengan 11 cm dengan beratnya mencapai 25 gram. Pada masa ini leher si janin akan semakin panjang dan juga kuat sehingga membuat tubuhnya lebih tegak. Serta rambut-rambu pun mulai tubuh untuk melindungi kulit si janin.

● Pada minggu ke 15 sampai dengan 16, daun telinga pada si janin pun mulai sempurna. Tungkai kaki dan juga tangan si janin pun mulai seimbang. Cikal bakal sidik jari pada tangan dan juga kaki mulai muncul, dan di masa inilah si janin akan memproduksi antibodi untuk menangkat kuman penyakit masuk ke dalam tubuhnya.

● Pada minggu ke-17, maka pendengaran pada si janin pun akan mulai membaik. Nah pada tahap inilah momen yang sangat tepat untuk mencoba mengajak si janin ngobrol dan memperdengarkan musik-musik religius sebagai stimulasi dini untuk si janin.

Pada minggu ke 18 sampai dengan 21, pada minggu ini pertumbuhan otak depan dan juga struktur otak janin akan semakin pesat. Dan pada masa minggu-minggu inilah perkembang pada janin yang ditunggu-tunggu oleh si ibu. Dimana pada masa ini janin akan rajin untuk bergerak sebagai respon atas suara ataupun sentuhan-sentuhan dari luar. Dan pada masa inilah si ibu akan menerima tendangan pertama dari si janin. Dan tentunya masa ini merupakan masa yang sangat membahagiakan bukan?